Categories
Uncategorized

Mengenal Lebih Dekat Genset 1 Phase, Pembeli Wajib Tahu!

Genset 1 phase merupakan genset yang hanya terdiri atas satu kumparan saja. Prinsip kerja genset ini yaitu dua belitan stator dengan impedansi yang tidak sama kemudian terhubung secara parallel, maka sumber dari satu fase tersebut akan menghasilkan medan yang dapat berputar. Setiap belitan pasti memiliki resistansi yang lebih tinggi dan juga reaktansi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan belitan utamanya. Biasanya genset ini banyak digunakan untuk mengoperasikan peralatan rumah tangga seperti pompa air dan lain sebagainya.

Altenator genset 1 phase

Alternator atau pembangkit listrik arus bolak-balik pada genset 1 phase biasanya disebut dengan generator listrik fase tunggal dan hanya memiliki dua kabel keluaran saja, yaitu kabel phase dan netral. Bagian alternator genset ini umumnya hanya punya satu kumparan phase atau beberapa kumparan yang dihubungkan secara seri.

Tegangan yang dihasilkan

Tegangan yang dihasilkan pada genset 1 phase terbaik biasanya bernilai 220 volt dimana tegangan tersebut akan diukur dari titik keluaran phase dan titik netralnya. Namun nilai tegang 220 volt bukan berarti bahwa titik netralnya memiliki nol dan phase nilainya 220 volt. Sebab, pada titik netral, nilai tegangan potensialnya tidak nol dan nilai 220 volt adalah selisih dari kedua titik tersebut, antara titik phase dan netral.

Nilai cosphinya 1

Genset yang satu ini memiliki nilai cosphi yang baik yaitu 1, sehingga besaran daya nyata dengan daya aktif yang dikeluarkan nilainya adalah sama.

Daya yang dihasilkan tidak besar

Sebab, genset ini memiliki satu kabel phase keluaran saja, maka pemakaian daya maksimalnya, nilainya akan sebanding dengan kemampuan daya generator tersebut. Jadi, begini contohnya, jika genset ini memiliki daya 1000 watt (1 KW) yang digunakan untuk memasok listrik di perumahan. Maka, jika satu rumah hanya memerlukan listrik 220 volt dengan daya sebesar 500 wat, maka itu artinya:

Daya nyata generator nilainya 1000 watt (1 KW)

Nilai cosphinya = 1

Daya aktifnya bernilai 1000 Watt x 1 = 1000 Watt

Beban untuk satu rumah = 500 Watt

Maka daya 1000 Watt dari genset ini bisa digunakan untuk menyuplai listrik di dua rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *