Categories
Uncategorized

Perbedaan Genset Mini Dan Genset Lainnya Yang Berbahan Bakar Bensin Dan Solar

Sekilas tidak ada perbedaan di setiap jenis genset, entah genset mini atau genset jenis lainnya. Namun ternyata ada perbedaan yang cukup besar, terutama bila anda membandingkan genset yang menggunakan bahan bakar bensin dan juga solar. Perbedaan dimulai dari sistem pembakarannya, terutama dalam pembakaran di ruang silinder. Genset yang menggunakan bensin akan melakukan pembakaran dengan adanya suplai listrik bertegangan tinggi yang menimbulkan percikan bunga api diantara celah busi untuk melakukan pembakaran gas. Sedangkan dalam genset bermesin diesel (menggunakan solar), mesin tersebut memanfaatkan udara yang sudah dikompresi dalam melakukan pembakaran solar. Sehingga mesin diesel menggunakan udara panas hasil kompresi udara tadi untuk membakar solar agar dapat menghasilkan ledakan.

Dalam mesin genset mini maupun jenis genset lainnya yang berbahan bakar bensin, bahan bakar dan udara bercampur di luar silinder yaitu di dalam karburator dan di saluran masuk. Sedangkan dalam mesin diesel tidak ada pencampuran pendahuluan antara bahan bakar dan udara di luar silinder, namun hanya udara yang diterima dalam silinder melalui saluran masuk. Karena itulah mesin diesel tidak menggunakan karburator namun menggunakan pompa injector.

Jika dilihat dari segi kenyamanannya, mesin berbahan bakar bensin mengeluarkan suara yang lebih halus karena mesin diesel memanfaatkan mekanisme kompresi tinggi ketika melakukan pembakaran solar. Apabila anda mencari mesin yang tidak mengeluarkan suara berisik, maka mesin berbahan bakar bensin menjadi solusinya. Akan tetapi bila anda menggunakan genset mini terbaik atau genset lainnya yang sudah menggunakan mesin diesel modern, suara yang ditimbulkan tidak sebising mesin diesel jenis lama. Bahkan bisa dibilang mesin diesel lebih tahan banting dan bisa diandalkan daripada genset berbahan bakar bensin. Mesin diesel modern tidak menggunakan busi dan kabelnya sehingga tidak ada percikan apil yang muncul ketika mesin dihidupkan yang membuat biaya perawatan menjadi lebih rendah. Tidak hanya itu saja, biaya yang digunakan untuk memproduksi listrik 30 – 50% lebih rendah daripada menggunakan bensin, jadi menggunakan genset solar lebih hemat daripada genset bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *